IMPLEMENTASI
PEMBUKAAN DAN PANCASILA DALAM UUD 1945
KATA
PENGANTAR
Pujisukur kami panjatkankepadaTuhan
Yang MahaEsa yang mana telahmemberikan kami
kekuatansertakelancarandalammenyelesaikanmakalahbyangberjudul “
ImplementasiPembukaan Dan Pancasila Dalam UUD 1945”
Dapatselesaisesuaidenganwaktu yang telahkelompok kami
rencanakandantepatpadawaktunya.
Sehinggatersusunlahmakalahini.
Kami
sangatberharapmakalahinidapatbergunadalammenambahwawasansertapengetahuankitamengenai
“Hubunganpembukaandenganbatangtubuh UUD 1945” Kami
jugamenyadarisepenuhnyabahwadidalammakalahiniterdapatkekurangandanjauhdari kata
sempurna. Olehsebabitu kami berharapadanyakritik, saran danusulan demi
perbaikanmakalah yang telah kami buatdimasa yang akan dating,
mengingattidakadasesuatu yang sempurnatanpasarang yang membangun.
Semogamakalahsederhanainidapatdipahamibagisiapapun
yang membacanya. Sekiranyalaporan yang telah kami susundapatbergunabagi kami
sendirimaupun yang membacanya. Sebelunya kami mohonmaafapabilaterdapatkesalahan
kata-kata yang kurangberkenandan kami mohonkritikdan saran yang membangun demi
perbaikan di masa depan.
Singaraja,
9 September 2015
Penyusun
DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR ……………………………………………….
DAFTAR ISI……………………………………………………………
BAB I : PENDAHULUAN
1.1 LATAR BELAKANG…………………………………….
1.2 RUMUSAN MASALAH………………………………
1.3 TUJUAN PENULISAN………………………………
1.4 MAANFAAT PENULISAN…………………………
BAB II : PEMBAHASAN
2.1 HUBUNGAN PEMBUKAAN DENGAN BATANG TUBUH UUD 1945…………………………..
2.2 Batang tubuh UUD …………………………
BAB III : PENUTUP
3.1
KESIMPULAN………………………………
3.2
SARAN……………………………………….
DAFTAR PUSTAKA…………………………………….
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 DasarHukumPendidikan
Pancasila
MenurutKeputusanMentriPendidikan Nasional Republik Indonesia
No.232/U/2000 tentangpedomanmenyusunkurikulumpendidikantinggidanpenilaianhasilbelajarmahasiswa,
kurikulumpendidikantinggiantara lain
terdiriatasmatakuliahpengembangankepribadian (MPK). MPK
adalahkelompokbahankajiandanpelajaranuntukmengembangkanmanusia Indonesia yang
berimandanbertaqwaterhadapTuhan Yang MahaEsadanberbudipekertiluhur,
berkepribadianmantap, danmandirisertamempunyai rasa
tanggungjawabkemasyarakatandankebangsaan. Kelompok MPK padakurikulum inti yang
wajibdiberikanpadasetiap program studiadalahPendidikan Pancasila, Pendidikan
Agama danPendidikanKewarganegaraan. Keputusanmateriinisebenarnyamasihberlaku.
Akan tetapikemudianjustrumunculkeputusanDirekturJendralPendidikantinggi No
43/DIKTI/kep/2006 tanggal 2 Juni 2006
tentangrambu-rambupelaksanaankelompokmatakuliahpengemmbangankepribadian di
perguruantinggi. Adapunsubstansikajian MPK
menurutkeputusantersebutterdiriataspendidikan agama.
PendidikanKewarganegaraandan Bahasa Indonesia. Jadi Mata KUliahPendidikan
Pancasila digantidenganmatakuliah Bahasa Indonesia sehinggatidaklagimasukdalam
MPK. Padahalsalahsatukonsiderandalam SK
DirjenDiktiitudanjugasebagaidasarhukumnyaadalah SK Mendiknas No. 232/U/2000. Di
Sampingitu, UU No.20/2003 tentang system pendidikan Nasional
secarategasmenyatakanbahwapendidikan Nasional berdasarkan Pancasila dan UUD RI
1945. Landasanpendidikan Nasional itusemestinyatidakdikesampingkan.
Hanyasajaanehnya, Pasal 37 ayat (2) UU No. 20/2003
menyebutkanbahwakurikulumpendidikantinggiwajibmemuatpendidikan agama,
pendidikankewarganegaraan, danbahasa. Pasal 37 Ayat (1)
tentangkurikulumpendidikandasardanmenengahtidaklagimenyebutpendidikan Pancasila
danKewarganegaraanatau PPKN, melainkanhanyapendidikankewarganegaraansaja.
Tampaknya SK DirjenDikti di atasdidasrkanpada UU No 20/2003 pasal 37 ayat (2)
dan PP No. 19/2005 Pasal 9 ayat (2)
bahwakurikulumtingkatsatuanpendidikantinggiwajibmemuatmatakuliahpendidikan
Agama, PendidikanKewarganegaraan, Bahasa Indonesia Dan Bahasa Inggris.
1.2 Rumusan Masalah
Berdasarkan
latar belakang masalah maka disusunlah rumusan masalah sebagai berikut :
1. Apakah Hubungan
pembukaan dengan batang tubuh UUD 1945 ?
2. Apa saja batang tubuh UUD 1945 ?
1.3 Tujuan Masalah
Tujuan dari
penulisan makalah ini adalah sebagai berikut :
1. untuk mengetahui Hubungan pembukaan dengan batang tubuh
UUD 1945
2. Untuk mengetahui Apa saja batang tubuh UUD 1945
1.4 Manfaat Penulisan
1. Memberikan masukan, bagi mahasiswa agar dapat mengetahui
Hubungan pembukaan dengan batang tubuh UUD 1945.
2. Menjadi salah satu sumber bahan bacaan pertimbangan serta
bahan rujukan
Terhadap penelaahan mengenai batang tubuh UUD 1945.
BAB II
PEMBAHASAN
2.1 Hubungan Pembukaan dengan Batang Tubuh UUD 1945
Pembukaan
mengandung pokok-pokok yang meliputi suasana kebatinan, cita-cita hokum dan
cita-cita moral bangsa Indonesia. Nilai nilai yang dijunjung tinggi ini tiada
lain bersumber dari atau dijiwai oleh pandangan hidup dan dasar Negara
pancasila. Sementara itu batang tubuh atau pasal pasal-pasal UUD adalah
penjabaran dari pokok pokok pikiran tersebut. Dengan demikian pembukaan (yang
memuat pancasila)menjadi dasar atau sumber adanya batang tubuh UUD. Hubungan
itu bersifat kausal organis. Kausal dalam arti pembukaan menjadi penyebab
beradanya (menjiwai) pasal pasal UUD. Organis artinya menunjukan suatu kesatuan
yang bulat atau tidak terpisahkan antara pembukaan dengan batang tubuh. Kalau
digambarkan tampak sebagai berikut:
Pembukaan
|
Batang tubuh
|
Perlu
diketahui bahwa kedudukan pembukaan (di dalam nya terdapat pancasila) dalam UUD
1945 amat berbeda dengan mukadimah UUDS 1950. UUDS 1950 dibentuk dengan
mengubah konstitusi RIS 1949 ditambah denga esensiliasiUUD 1945 berdasarkan UU
No.7tahun 1950. Mukadimahtersebut tercantum pada pasal 1 UUDS 1950. Sementara
dalam UUD 1945, pembukaan terpisah dari batang tubuh UUD 1945 sehingga tidak
merupakan salah satu pasal dari UUD 1945. Jadi pembukaan itu mempunyai
kedudukan tersendiri, yang disebut sebagai kaidah pokok Negara
(Staatsfundamentalnorm) (notonagoro, 1974: 44). Oleh karena itu pembukaan tidak
bisa diubah secara yuridis dan melekat pada kelangsungan hidup Negara
proklamasi 17 agustus 1945.
2.2 Batang tubuh UUD
Keseluruhan
batang tubuh UUD dapat dibedakan menjadi 3 bagian sebagai berikut.
1). Pasal- pasal yang
berisi materi yang mengatur system pemerintahan Negara dan kelembagaan Negara.
2). Pasal-pasal yang berisi materi hubungan Negara dengan
warga Negara dan penduduknya, yang meliputi warga Negara, agam pertahanan
Negara, pendidikan, dan kesejahteraan sosial.
3). Pasal pasal yang berisi materi hal hal lain,yaitu
mengenai bendera Negara,bahasa Negara, lambang Negara, lagu kebangsaan,
perubahan UUD, aturan peralihan dan aturan tambahan.
Dengan adanya empat kali amandemen UUD 1945 oleh MPR, yaitu
(1) 19 oktober 1999; (2) 18 agustus 2000; (3) 9 november 2001 ; dan (4) 10
agustus 2002, maka perbandingannya tampak sebagai berikut.
Perbandingan
UUD 1945 sebelum dengan sesudah amandemen
Keterangan
|
Sebelum Amandemen
|
Sesudah Amandemen
|
Jumlah bab
|
16
|
20 yaitu VII A, VII B, VIII A, IX A, X A, dengan
catatan bab IV tentang DPA dihapus.
|
Jumlah pasal
|
37
|
73 yaitu pasal 6 A, 7A, 7B, dan C, 18A, 18B, 20A,
22A, 22B, 22C, 22D,22E, 23A, 23B, 23C, 23D, 23E,23F, 23G, 24A, 24B, 24C, 25A,
28A, 28B, 28C, 28D, 28E, 28F, 28G, 28H, 28I, 28J, 36A, 36B, dan 36C.
|
Aturan Peralihan
|
4
|
3
|
Aturan Tambahan
|
2
|
2
|
Penjelasan
|
ada
|
Dihapus
|
BAB III
PENUTUP
3.1
Kesimpulan
Sementara itu batang tubuh atau pasal pasal-pasal UUD adalah
penjabaran dari pokok pokok pikiran tersebut. Dengan demikian pembukaan (yang
memuat pancasila)menjadi dasar atau sumber adanya batang tubuh UUD. Hubungan
itu bersifat kausal organis. Kausal dalam arti pembukaan menjadi penyebab beradanya
(menjiwai) pasal pasal UUD. Organis artinya menunjukan suatu kesatuan yang
bulat atau tidak terpisahkan antara pembukaan dengan batang tubuh.
Keseluruhan batang tubuh UUD dapat dibedakan menjadi 3 bagian
sebagai berikut.
1). Pasal- pasal yang
berisi materi yang mengatur system pemerintahan Negara dan kelembagaan Negara.
2). Pasal-pasal yang berisi materi hubungan Negara dengan
warga Negara dan penduduknya, yang meliputi warga Negara, agam pertahanan
Negara, pendidikan, dan kesejahteraan sosial.
3). Pasal pasal yang berisi materi hal hal lain,yaitu
mengenai bendera Negara,bahasa Negara, lambang Negara, lagu kebangsaan,
perubahan UUD, aturan peralihan dan aturan tambahan.
3.2 Saran
Bagi mahasiswa harus
mengetahui Apa Hubungan pembukaan dengan batang tubuh UUD 1945 dan Apa saja
batang tubuh UUD 1945 supaya mahasiswa dapat lebih memahami apa isi didalam UUD
1945
How to Play Baccarat | Casino Bonuses 2021 - FEBCASINO
BalasHapusWith its simplicity 인카지노 and a large variety of slots and blackjack 바카라 사이트 games, you'll enjoy an immersive atmosphere in this casino gaming 온카지노 experience.